4.7.15

Di Semarang 4 Tahun Terakhir

Halo semuanya.

Udah lama gue gak buka blog ini, udah lama juga gue gak nulis di blog ini. Gue sampe lupa gimana cara nulis yang baik (kaya pernah nulis baik aja) dan udah bingung sendiri flow menulis itu gimana.

Hari ini gue balik lagi ke blog ini untuk sharing sesuatu yang dimata gue sangat berharga dan gue pengen orang-orang bisa tau ini. Post-an gue kali ini bakal sangat panjang lebar, semoga nggak ngebosenin ya.

Jadi hari ini, tanggal 4 Juli 2015 gue bakal balik lagi ke Bekasi setelah merantau kurang lebih 4 tahun di Semarang. Alhamdulillah studi S1 gue udah tuntas dan sudah waktunya gue menginjak tahapan kehidupan yang lain. Selama 4 tahun di Semarang, banyak banget hal-hal berharga yang terjadi dalam hidup gue dan sebenernya agak berat ninggalin Semarang. Ini beberapa hal yang nggak akan gue lupain selama gue kuliah dan hal yang selalu gue syukuri tapi disisi lain membuat perjalanan pulang ke rumah semakin berat:

1. Semarang mempertemukan gue dengan teman-teman luar biasa

Di Semarang ini gue bener-bener dipertemukan dan bergaul dengan teman-teman yang berasal dari berbagai macam daerah dengan suku yang beda-beda. Mereka tumbuh dengan cara didikan yang berbeda-beda tapi hebatnya mereka semua sama-sama hebat. Seneng bisa bergaul dengan orang yang memiliki banyak perbedaan dengan gue, misalnya dari hal yang simpel kaya beda cara makan, logat bicara, cara belajar, ke-strongan dan ke-lemah lembutan bersikap, sampai hal yang agak semerawut dan kadang nimbulin percikan-percikan, kaya bedanya pola pikir dan perspektif dalam menyikapi masalah-masalah. Perbedaan itu membuat gue ngerti kalo perbedaan itu diperlukan dan mengajarkan gue banyak hal, misalnya belajar toleransi, belajar memahami dan menganalisis pendapat orang lain (bukan cuma ngejudge), dan belajar menjadi pribadi yang lebih baik, karena sebenernya dengan ngeliatin temen gue bersikap aja bisa menginspirasi gue untuk terus berubah kearah yang lebih baik . Makasih temen-temen terdekat yang mengisi kehidupan gue selama kuliah ini, makasih untuk tidak hanya menjadi teman yang cuma ngajak hura-hura aja, tapi juga jadi temen yang bisa diajak brainstorming hal-hal serius. Gue juga berkesempatan punya temen-temen baru yang berhubungan lewat jarak jauh. Temen-temen yang Cuma bisa ketemu 3 atau 4 bulan sekali, tapi menginspirasinya gak kalah sama temen-temen yang ketemu setiap hari.  Guys, kalian teman hebat yang bikin hidup gue balance antara mikirin masa depan dan mikirin kesenangan dimasa kini. Sampai jumpa yaa di kehidupan yang baru dan gue selalu berdoa agar kita bisa bahagiain diri sendiri dan orang lain dengan versi kita masing-masing.

2. Di Semarang awal mula gue belajar dan mengerti banyak hal

Di Semarang juga gue akhirnya bisa bener-bener mengerti banyak hal. Disini gue diberi kesempatan sama Allah untuk bisa bergabung sama organisasi-organisasi yang ngebuka mata gue akan banyak hal dan banyak merubah diri gue. AIESEC UNDIP dan HMJM FEB UNDIP adalah organisasi-organisasi yang dimata gue berkontribusi banyak dalam hidup gue. Selama gue aktif diorganisasi, gue belajar banyak hal yang menurut gue itu susah. Gue ngerti kalo “ikhlas” itu adalah hal basic yang harus dimiliki semua orang dalam bertindak dan “ikhlas” itu susahnya minta ampun. Gue juga belajar yang namanya integritas, gimana gue harus walk the talk, harus jujur dalam bertindak, harus konsisiten, dan keharusan lainnya yang sampe sekarang gue masih harus belajar banyak untuk implementasiin itu. Gue belajar kalo ternyata bahagia itu sesimpel ngeliat orang lain bahagia karena tindakan gue, yang akhirnya ngerubah mindset gue kalo bahagia itu gak harus material atau uang doang. Gue belajar kalo jadi leader itu susahnya juga luar biasa, gimana leader harus punya visi dan misi yang jelas, harus bisa terselubung ngebuat orang percaya sama visi dan misinya, harus siap dipuji berlebihan dan gak sombong, harus juga siap dihina habis-habisan dan bangkit lagi secepatnya, harus siap nyakitin orang dengan keputusannya, dan banyak lagi keharusan yang seorang leader harus punya atau hadapi. Gue dapet poin paling berharga sepanjang pengalaman gue berorganisasi, yaitu bahwa sikap dan sifat adalah kunci utama seseorang bisa berkembang pesat. Percuma deh pinter selangit, punya banyak uang, dan punya banyak ilmu kalo gak bisa jaga sikap dan sifat. Karena sikap dan sifat yang akhirnya akan ngebedain satu individu dengan individu lainnya.

Selain hal-hal diatas, hebatnya lagi sepanjang gue kuliah gue dikasih kesempatan sama Allah untuk mengetahui diri gue lebih dalam lagi. Mungkin sebenernya gue gak tau diri gue sedalem apa yang gue anggap gue tau, tapi pada tahap ini gue jauh lebih paham gue itu gimana. Gue lebih ngerti kekurangan dan kelebihan diri gue, gue tau gue senengnya ngapain, gue tau mau fokus dalam bidang apa, meski gue belum tau mau dibawa kemana itu semua pada akhirnya. Tapi untuk tau diri gue sedalam itu merupakan prestasi untuk gue, karna gak semua orang dikasih Allah keinginan yang kuat untuk tau dirinya sendiri dan gue sempet jadi orang galau-an karena bingung gue itu sebenernya siapa.

3. Semarang awal gue bisa pergi kemana-mana
Dari gue kecil sampai SMA, gue habisin seluruh hidup gue di Bekasi – kota pinggiran Jakarta yang pernah ngehits jadi bahan bullyan. Rumah kedua nenek gue –dari mama maupun papa, itu di Tasikmalaya. Jauh versi keluarga gue itu sejauh Yogjakarta atau Tegal, dan kalau gue gak kuliah di Semarang mungkin gue akan lama banget stay di Jawa Barat dan gak kemana-mana. Tapi nasib ngebawa gue ke Jawa Tengah, yaitu Semarang. Semarang adalah tempat gerbang gue akhirnya bisa kemana-mana. Semenjak kuliah gue udah pernah jalan-jalan keliling Malang, ke Dieng, main dipantai Yogjakarta, wisata kuliner di Solo, nebeng Idul Adha di Pemalang, bolak-balik Jakarta – Semarang dalam seminggu, sampai gue bisa untuk pertama kalinya napakin kaki di luar Indonesia. Mungkin jalan-jalannya gue kalah sama orang-orang yang seneng travelling kesana-kesini dan nikmatin pemandangan alam, tapi segini aja gue udah bersyukur banget.  Gue bersyukur karena pada akhirnya disetiap kota yang gue tuju gue punya temen-temen baru, akhirnya gue punya tebengan kalo mau kemana-mana hehehe. Heeemmmmm gue sebenernya pengen bisa travelling kaya temen-temen gue yang lain, tapi semasa gue kuliah pilihan gue sendiri untuk mencintai hal lain. Setiap gue ditinggal temen gue pergi jalan-jalan, sebenernya gue selalu meringis pengen ikut dalam hati tapi disatu sisi gue selalu punya keyakinan kalo gue akan dapat kesempatan dilain waktu untuk ngunjungin tempat-tempat wisata yang temen gue samperin. Kalo sampai gue gak punya kesempatan itu, berarti gue lagi ngelakuin hal yang gue seneng banget dan bisa bikin gue bahagia sampe lupa liburan hehehe.

Ya itulah ringkasan kecil tentang 4 tahun gue di Semarang. Seneng bisa ngerasain naik dan turunnya kehidupan disini. Mungkin bagi sebagian atau banyak orang, kehidupan gue flat-flat aja dan gak ada spesial-spesialnya sedikitpun, tapi menurut gue ini luar biasa. Mungkin selama 4 tahun ini gue gak kasih kontribusi banyak untuk orang lain apalagi society, tapi paling nggak 4 tahun ini bermakna banyak untuk diri gue sendiri. Bersyukur gue pulang ke Bekasi bisa bawa seabrek cerita dan bisa membanggakan temen-temen gue di seluruh Indonesia dihadapan orang tua gue. Rencana Allah memang selalu indah asal kita sebagai pribadi bisa pandai-pandai bersyukur. Makasih UNDIP dan sampai jumpa Semarang, seneng bisa jalanin kehidupan di kota ini.






1 comment:

Cleo Indaryono said...

Kocak tej "flow nulis" ���� untung lo balik balik juga ke Bekasi, gak jauh