2.5.13

Tentang "PENIPUAN" yang Sedang Marak




Halo semuanya! Selamat berjumpa dibulan Mei!

Selamat Hari pendidikan,  Selamat ulang tahun kota Semarang, dan Selamat Hari kelahiran SMA KORPRI Bekasi.  Waaaw banyak juga ya hari penting hari ini J

Oke hari ini saya bakal sharing mengenai kebodohan saya diawal bulan Mei ini. Sebenernya agak malu sih nyeritain hal ini, tapi kok saya rasa ini penting untuk diceritakan ke temen-temen semua ya. Biar temen-temen lebih waspada dan gak gampang “dibodohi” kaya saya. Bagi temen-temen yang mengenal saya, please jangan tanya perihal ini secara langsung ya. Masih agak traumatik nih.

Kejadian ini terjadi tanggal 30 April 2013, bertepatan dengan turunnya uang bulanan saya dan UTS Sejarah Pemikiran Manajemen. Pagi-pagi sebelum kuliah saya terima sms, bunyinya:

“Saudara Evi Teja Kusumah kami anda tunjuk mewakili Universitas untuk menghadiri Seminar Nasional Kewirausahaan di Hotel Borobudur Jakarta, harap hubungi Bapak Rektor di 08161920282”

Yah emang ya antara polos sama bodoh itu beda tipis, akhirnya setelah membaca isi sms yang kurang lebih begitu, saya memutuskan untuk telepon nomer yang katanya rektor. (Setelah dipikir-pikir mana ada ya rektor yang ngurusin hal beginian, STUPID!)

Akhirnya teleponnya diangkat, suaranya bapak-bapak macho gitu deh. Bayangan saya yang lagi ngomong itu om-om kumisan pake peci.

Di line telepon dia mengiyakan apa yang ada di sms, dia tau seluk beluk universitas saya bahkan jurusan saya dan hari UTS saya. Selanjutnya omnya bilang bahwa untuk keperluan seminar itu, saya akan ditransfer sejumlah uang. Dimintalah nomer rekening saya, saking b*go-nya, saya kasihlah nomer rekening saya.

Bagaikan dihipnotis suara om-om yang siap mengayomi, saya diminta untuk ke ATM saat itu juga untuk mengecek saldo katanya. Kebodohanpun berlanjut, saya ke ATM padahal waktu itu saya mau UTS sekitar 15 menit lagi.

Di ATM saya didikte untuk melakukan banyak hal yang akhirnya menyuruh saya mentransfer uang ke beberapa nomer rekening. Polosnya saya sadar saya diminta transfer ketika semua prosesnya sudah berakhir alias uang di ATM sudah kebobolan. Sebenernya saya udah curiga ini ada yang salah, ketika saya terlihat bicara ragu atau mulai emosi, si om selalu bilang “Masya Allah nak, saya ini dosen kamu. Jangan berfikiran negatif sama dosen sendiri” selain kata-kata itu, si om juga suka bawa-bawa ayat al-quran, yang akhirnya bisa memaksa saya untuk mengikuti perintahnya lagi.

Singkat cerita, saya menyadari bahwa saya sudah “ditipu” dan saya mencacimaki si om lewat line telepon, tapi yah yang namanya uang udah ketransfer, si om yah woles aja malah matiin telepon.

Setelah itu saya ke kampus dengan hati galau dan mengerjakan UTS dengan bayang-bayangan uang jajan sebulan kedepan yang amblas-blas sama sekali, apalagi uang untuk bayar kosan juga ludes. Mau nangis, tapi harus UTS dulu. Mau cerita ketemen, ketauan  bodohnya. Mau telepon orang tua, belum tau cara ngomongnya. Pokoknya saat itu yang bisa dilakuin cuma ngisi soal UTS doang.

UTS selesei, saya balik ke kosan tanpa sempet kongkow bareng temen-temen saya.  Dikamar saya meratapi nasib dan mikirin barang apa yang bisa dijual untuk menopang hidup satu bulan kemudian. Gadget, motor, & laptop sempet saya pikirin untuk digadein.

Setelah gak bisa nahan galau lagi, akhirnya saya telepon bapak saya sambil bayangin serentetan pertanyaan yang bakal ditanyain dan juga marahnya bapak saya karena saya ketipu, uang baru dikirimin bro udah ludes aja.

“Halo Pa, Aku ditipu” saya memulai percakapan ditelepon

“Ditipu gimana?” kata bapak saya tenang

“Yah gitu, ATMku ludes. pokoknya ketipu .....” kemudian saya nangis gak bisa ngomong lagi

“Yah, papa sekolahin jauh-jauh kirain udah pinter. Kok mau aja sih dibohongin orang. Nanti siang papa transfer lagi uangnya. hehehe” balas beliau sambil ketawa bercanda

Dan saya cuma bisa speechles, ini out of expectation banget. Saya ngebayangin bakal telpon-telponan lama sama Bapak karena saya di introgasi banyak hal. Tapi beliau membuatnya sangat singkat, mungkin untuk nenangin saya juga kali ya. Apalagi beliau kan juga tau saya lagi UTS. Emang ya semakin baik orang tua, semakin bikin anaknya terharu. Abis telpon keputus, nangis saya makin banjir banget.

Selanjutnya saya cerita sama temen kosan saya mengenai kejadian yang terjadi, dia kasih saran minta bapak saya untuk telepon orang yang udah nipu saya. Saya pikir itu ide yang bagus, akhirnya saya kirimin nomer si om ke bapak via sms. Eh beliau malah bales sms saya dengan:

“Kita gak usah dendam, yang penting introspeksi barangkali ada hak orang lain kita pakai. Kita memohon kpd Alloh SWT diganti dengan rejeki yang lebih banyak, mohon ampun dan keselamatan serta dilancarkan segala urusan selalu ada di dalam lindungan Alloh SWT. Waspada dari orang-orang jahat”

Waaaah makin terharu dong saya. Ini membuat saya amat sangat bersyukur memiliki orang tua yang baik luar biasa, bukan hanya sama keluarganya sendiri, bahkan sama orang luar yang udah berbuat kurang baik. Orang tua yang selalu bergantung kepada Alloh SWT.

Orang tua saya menyadarkan saya betapa pentingnya melihat suatu kejadian dari sisi yang lain, bukan dari masalah untung ruginya semata.

Akhirnya saya berusaha move on dari kehilangan yang saya alami. Saya mencoba merubah kejadian ini sebagai kejadian yang positif. Toh dibalik ketipunya saya dan kehilangan uangnya saya, ini menyadari saya akan banyak hal.
  • Kita gak tau kejadian yang bakal terjadi 5 menit kemudian, like what Alm. Uje said. Saya   baru aja dapet uang eh hilang dalam sekejap. Selalu waspada itu emang penting.    
  • Beramal itu kewajiban. Gaya hidup saya yang boros suka ngebuat saya lupa kalo ada bagian orang lain yang ditipin ke saya, karena kejadian ini saya sadar betapa pentingnya berbagi. Alloh gak akan kasih suatu kejadian tanpa sebuah alasan, ini sebagai peringatan aja untuk saya.    
  • Selalu bersyukur. Saya kehilangan uang jajan udah bercucuran air mata, disisi lain banyak orang yang gak bisa sekolah karena gak punya uang. Orang tua saya siap sedia mendengar keluh kesah saya, banyak orang tua diluar sana sedih gak bisa memberi makan keluarganya.
  • Jadi orang jangan kepolosan. Yah emang sih bodoh sama polos itu beda tipis, ini menyadari  saya untuk gak main percaya sama orang.
  • BE POSITIVE! Karena kejadian ini, saya bisa memandang suatu kejadian gak cuma dari satu sisi aja. Saya bisa belajar untuk berpikiran positif terhadap semua hal (baik atau buruk) yang terjadi dalam hidup saya. Dalam kasus ini emang saya kehilangan materi, tapi banyak hal diluar materi yang bisa saya ambil.  “Everything has good reasons”  itu selalu terjadi jika kita bisa menilai hal dari berbagai sudut.

Satu nilai positif lagi nih dari kejadian ini, gara-gara saya ketipu memaksa saya datengin Bank
untuk ngurus ini itu. Dalam prosesnya saya ketemu CS Bank yang cakep banget dan bilang
“hati-hati ya” waktu saya pamit pulang. Emang “everything happens for good reasons.” Hehehe

Oke teman-teman sekianlah curahan hati saya yang amat sangat panjang. Ini cukup nenangin diri 
saya karena bisa cerita disini. Selanjutnya  5 poin yang saya tulis diatas seharusnya gak cuma 
jadi teori semata, jujur ada ketakutan dari saya suatu hari nanti saya gak bisa melakukan apa 
yang saya tulis.  Akhir kata, jangan mau jadi korban penipuan selanjutnya, belajar yang bener
biar gak gampang dibodohi, dan selalu waspada.

2 comments:

Ratna Hartiningtyas said...

oh... baru tau ada modus yang kayak gini. wah bahaya banget. apalagi yang sering jadi CP project, di kesebar nomornya lewat poster dan kebaca tracknya juga :( huff... puk puk teja...

@marpheliste said...

oncommm
ati2 comm
:""
sabar yaah comm