12.5.13

Sepenggal Kisah Masa Lalu

Hari ini tanggal 12 Mei 2013, tanggal ini dua tahun yang lalu terjadi sesuatu yang besar dalam hidup saya (tepatnya 12 - 14 Mei 2013). Mungkin sebelumnya saya pernah ngepost tentang hal ini di blog, tapi saya gak pernah menceritakannya secara detail tentang kekonyolan serta kebahagiaan yang bercampur menjadi satu. 

Jadi pertengahan April - Mei tahun 2011 saya baru aja selesei UN, statusnya jadi penerima harapan dan digantungin dimana-mana -UN belum lulus, belum tau bisa kuliah apa nggak.
Saat-saat galau itu saya gunain untuk mantengin youtube, browsing video klip band-band indie dengan personil yang bikin bergairah. Hal itu terjadi terus menerus bahkan saya sampe ngumpulin gambar-gambar mereka dari jaman jahiliah, download videonya, bikin gif di tumblr, semuanya. Pada saat itu juga saya udah beli pre-sale tiket konser beberapa band indie, yaitu A Rocket to The Moon, Hey Monday, dan The Downtown Fiction. Yang paling saya gilain adalah The Downtown Fiction karena vokalisnya Cameron Leahy yang bener-bener ngerontokin iman, belum lagi bassist David Pavluk dan drummer Eric Jones yang juga bikin bulu kuduk berdiri.

David Pavluk (Bass), Cameron Leahy (Voc), Eric Jones (Drum)

Ketika saya lagi on fire jadi band indie maniac + internet addict, ada berita yang menarik hati dari twitter. Salah satu brand pewangi badan adain kuis untuk meet and greet band tersebut, yups so pasti saya semangat untuk ngejar kuis itu, apa lagi motivasinya untuk ketemu mas-mas berkulit putih bersih dan bermata biru, makin gak tertahankan semangatnya.

Syarat kuisnya itu simple, kita cukup beli produk mereka terus upload struknya via twitter atau facebook page disertain jawaban pertanyaan dari mereka dan tag temen kita. Tau segampang itu saya langsung dong beli produknya di toko terdekat terus upload struknya. Pertama kali saya coba gagal. Untuk coba kedua kalinya, maka syaratanya saya harus pake struk yang berbeda, katanya kalo ketauan satu struk nanti didiskualifikasi. Oke, bodohnya waktu itu saya selalu beli produk itu setiap kali saya gagal. Alhasil saya jadi koleksi produk itu. Sekali coba gagal, dua kali coba gagal, dan seterusnya.... hingga entah keberapa kalinya saya akhirnya berhasil.

Waktu itu pertanyaannya adalaha "Kata-kata apa yang ingin kamu sampaikan kalo ketemu band tersebut?" ketika semua orang menjawaba "You're awesome", "I love your songs", "Please be my blablabla" saya muter otak gimana caranya biar saya berbeda dari yang lain dan akhirnya saya menjawab "I promise to my friends @xxx and @xxx to sent their greetings to y'all" Ceritanya @xxx itu adalah temen saya yang saya tag sebagai syarat kuis, jadinya gak dua kali kerja... saya masukin nama mereka di jawaban saya dan hasilnya saya berhasil. Embel-embel "I promise" sengaja dimasukin biar saya terkesan harus menang biar bisa nepatin janji.

Waktu terus berjalan gak berasa sebentar lagi saya bakal ketemu pria pujangga saya pada saat itu. Eiiiits, tapi masa saya gak bawa apa-apa kesana... akhirnya waktu bapak saya pulang ke Tasik saya titip wayang cepot dan dibeliinnya yang segede gaban. Padahal bayangannya yang kecil aja cukup. (fotonya di laptop udah gak ada :/)

Jadwal saya ketemu Cameron Leahy dkk adalah tanggal 13 Mei 2013, saya preparing semuanya dari mulai kamera hingga baju. Masalah timbul sehari sebelumnya, ketika orang tua saya takut kalo itu adalah penipuan. Okesip akhirnya mama saya bilang mau anterin ke lokasi. Saya iyain aja, daripada gak jadi ketemu.

Karena dirumah mobil cuma satu dan itu dipake bapak saya dan bapak saya kerja, akhirnya saya sama mama ke lokasi menggunakan patas. Niatnya sih emang naik patas AC tapi patasnya gak ada, yah terpaksa deh naik metro mini non AC. Sumpah ya itu penuh banget, macet banget, keringetan banget, dan bete banget. Untung saya dari rumah bawa baju ganti untuk meet and greet, jadinya bisa dandan dulu sebelum ketemu mas ganteng.

Gak lama akhirnya saya sampai di salah satu hotel di Jakarta, disana udah ada temen-temen pemenang kuis yang lain. Gak nunggu lama, kita diajak ke hotel lain yang lebih berbintang, dimana meet and greet diadakan dan personil band-band indie akan bersitirahat, termasuk The Downtown Fiction. Itu artinya saya gak sempet ganti baju, oh my god.

Dihotel tersebut saya dan temen-temen lumayan lama nunggu, awalnya saya kira kita bakal meet and greet rame-rame dan diseting kaya konfrensi pers. Tapi ternyata nggak, kita dikasih waktu untuk masuk sendiri-sendiri keruangan dan bertemu band idola secara privat. Dengernya aja udah bikin merinding.

Ketika tiba waktunya saya masuk, saya deg-degan bukan main. Saya kesana tanpa persiapan, gak bawa frame untuk di tanda tanganin, scrap book, atau lain sebagainya. Modal saya cuma si Cepot, spidol boleh minjem, kertas boleh minta, dan muka yang udah lepek parah. 

Saya masuk kedalam ruangan dan semua mata personil The Downtown Fiction tertuju pada....... CEPOT! Fix daya tarik Cepot lebih menggelegar daripada saya. Saya tertuju pada mereka bertiga dan tatap matanya langsung, matanya Cameron biru bangeeeeet... kulitnya mulus kaya porslein. Yang lainnya si David sama Eric juga bikin kicep.

Semua bahagia dan heran memandang Cepot
Lalu dengan bahasa Inggris yang amburadul luar biasanya saya bilang...

"Hey, His name is Cepot. It's a puppet from Indonesia" 


Saya lupa jawaban mereka... pokoknya step berikutnya adalah saya minta foto bareng mereka dengan cepot yang masih ditangan saya.

Kampungan sekali memang muka saya
David, saya, cam, eric (kanan ke kiri) 
Selanjutnya saya pura-pura lupa bawa kertas dan minta mereka tanda tangan di kaos saya, mumpung saya gagal ganti baju dan baju lusuh yang saya pake, jadinya bisa dicoret-coret. Saya kantongin kertas yang saya minta dari orang.

"Hi, I've nothing. Can you just sign my tee?" tanya saya dengan muka innocent

"Ofcoures we will :)" jawab salah satu dari mereka

Yang  bodoh adalah kertas yang saya masukin ke kantong celana saya jatuh, parahnya lagi di liat sama bassistnya si David Pavluk. Diketawainlah jadinya -__- monggo liat fotonya

Tanda tangan pertama dari Eric, David yang sebelah kiri pake baju cokelat

David sudah menemukan kertas yang terjatuh
David ngecek kertas tadi itu apa
David menemukan pencerahan bahwa saya ngebohong dan dia ketawa
 Okesiiip abis berbagi tanda tangan bersama, terjadilah AHA moment hari itu. Dengan muka memelas (lagi) saya minta mereke peluk saya (maaf agak ganjen, mumpung). Tentu saja mereka gak menolak, tapi saya sempet ragu waktu meluk.. kan saya masih SMA dulu jadi masih polos. Saya sempet kepikiran "nanti mereka mikir apa ya cewek berjilbab minta peluk?" tapi selanjutnya sisi lain diri saya berkata "kan cuma meluk doang gak ngapa-ngapain lagi" terus saya inget baju itu udah dipake keringetan sepanjang jalan di metro mini, kalo saya bau gimana? kan malu-maluin ih. Tapi batin saya tetep kekeh "kapan lagi coba" dan akhirnyaa....

Maaf agak malu-maluin
Pertemuan hari itu akhirnya harus berakhir. Saya memberikan si cepot sebagai kenang-kenangan.

Besoknya saya nonton konser mereka, Hey Monday, dan A Rocket to The Moon. Sekarang Hey Monday entah kemana dan A Rocket to The Moon fix bubar. Eric udah gak di The Downtow Fiction, gantinya Kyle Rodgers terus additional playernya mereka Wes Dimond jadi gitaris tetap. Meskipun sekarang saya udah jarangan ngikutin karir mereka, tapi tetep sedih kalo denger cerita ada yang bubar atau keluar dari band.

Oh iya waktu saya minta foto meet & greet ke pihak promotornya, ada foto yang nyenengin banget. Cepot saya dibawa Cameron di tas ranselnya waktu pulang, saya juga udah nulisin nama saya di Cepot itu. Jadi seneng karena hadiah saya dibawa pulang.

Cepot in Cam's Bag
Nah saudara-saudara sekalian ini adalah cerita detail tentang apa yang terjadi dua tahun lalu. Yah hikmah yang bisa diambil dari kejadian ini adalah kita pasti ngedapetin apa yang kita mau asal kita bener-bener memperjuangkan itu dengan hati ikhlas. Saya rela ngeluarin uang untuk beli produk supaya ketemu idola dan saya gak nyerah sampe akhirnya dapet kesempatan, karena saya ikhlas ngelakuin itu semua.


No comments: