17.4.13

20th



Hari ini umur saya bertambah, jadi dua puluh tahun. Alhamdulillah Allah memberi kesempatan kepada saya untuk menginjak usia yang agak dewasa ini.

Saya masih inget apa yang terjadi setahun yang lalu, ketika ulang tahun saya yang ke sembilan belas. Waktu itu saya nangis semaleman, sebelum ulang tahun. Saya nangis karena bertanya-tanya
 "Apa sih yang udah saya lakuin sampe umur sembilan belas tahun?",
"Sesuai gak sih umur saya dengan kontribusi saya?"
"Apakah saya sudah menjadi apa yang orang tua saya bayangkan di usia saya sekarang ini?"
Waktu cepet banget berlalu, kok rasanya saya belum ngapa-ngapain ya pikir saya waktu itu. Tahun ini ketika saya menginjak umur dua puluh tahun, pertanyaan yang sama muncul. Bahkan lebih bikin galau lagi, tapi tahun ini saya lebih tegar dan gak meneteskan sedikitpun air mata. Toh nangis gak akan merubah saya tiba-tiba.

Ketika saya kecil, saya inget banget suka berkata "Nanti kalo aku udah umur dua puluh tahun aku udah bisa pergi sendiri, jajan sendiri, dll" Pada saat itu, umur dua puluh tahun saya anggap umur yang sudah besar banget dan orang bisa melakukan banyak hal. Nah, masalahnya sekarang dua puluh tahun itu bukan cuma bayangan, tapi saya udah nginjek umur tersebut. Bukan saatnya lagi untuk mimpi dan mengangan-angankan banyak hal. Saatnya saya bertindak dan mencapai semua mimpi saya. Waktu itu gak berasa banget, jangan sampe saya ngelewatin proses yang akhirnya menghambat saya mencapai yang saya rencanakan.

Sekarang arti ulang tahun gak sekedar bertambah umur bagi saya, ulang tahun harus dijadikan refleksi diri. Di umur ke dua puluh tahun ini saya masih ragu apakah saya sudah bertindak sesuai dengan umur saya dan masih penasaran apakah saya sudah sesuai dengan bayangan orang tua saya ketika mendidik saya untuk usia dua puluh tahun. Saya berharap (dan seharusnya) pernyataan itu bisa membuat saya bertindak dan menggapai yang memang seharusnya tergapai diusia ini.

Selamat datang diusia dua puluh tahun Evi Teja Kusumah, capailah apa yang harus dicapai. Jadikan dirimu layak diusia ini. Once again, semangat!

No comments: