14.11.11

First Day of SDT Management Undip 2011

Halo blogwalking semua, semoga sehat selalu dan ada yang menyempatkan membaca blog saya ini. Amin.

Rasa-rasanya sudah lampau sekali gue tidak memposkan sesuatu diblog ini, lantas kenapa tiba-tiba Evi Teja Kusumah tergerakan hatinya untuk ngeposting? Jawabannya adalah....


"Belum jadi mahasiswa kalo gak punya karya tulis, sebisa mungkin tulis apapun yang kamu pikirkan. ada yang punya blog? tulis terus blognya, biarpun isinya cuma curhat doang" - seorang motivator

Oke statement mas-mas diatas yang bernama mas Panca itu telah memotivasi gue untuk menghidupkan kembali blog ini yang telah lama gugur. Jadi di episode kali ini gue akan mengikuti saran mas-mas itu untuk mulai mengisi blog dengan curhatan... Yuks capcuss kita mulai bercurhat...

Jadi tanggal 12-13 November kemaren gue mengikuti kegiatan kampus yang dinamakan Self Development Training atau disingkat SDT. Jadi itu adalah acara pengembangan potensial diri. Yang bedanya disini adalah pesertanya adalah temen-temen gue sendiri yang pada saat itu sama-samar status pertemanannya alias antara kenal dan tidak, lebih jelasnya ada yang kenal muka gak tau namanya, bisa juga tau nama tapi gak kenal mukanya. Yah pokoknya intinya begitulah.. namanya juga mahasiswa baru.

Acara SDT itu dilakuin di Kopeng, Salatiga selama dua hari satu malam. Hari pertama acaranya materi terus, pada awalnya hati, otak, dan semua syaraf-syaraf yang ada di tubuh gue itu menghalusinasikan kalo gue bakal bete tiada tara, pasti bakal ngantuk banget pikir gue waktu itu, tapi kenyataan berkata lain... "gue semangat, motivatornya cukup memotivasi" alhamdulillah yah *ala syarini*.

Pemateri pertama ada mas-mas HMJM Undip yang namanya mas Eko, yang dibahas adalah tentang perkenalan dunia perkuliahan. Apa sih bedanya kuliah sama sekolah? Apa sih tujuan kuliah? dan Organisasi apa sih yang baik untuk diikuti? intinya yang dibahas itu dan perkataan yang gue inget dari mas-mas itu adalah....

"kepintaran didunia kerja hanya diperhitungkan 20% dan softskill 80%" - Mas Eko

sebagai orang yang jaman SMA memiliki akademik agak ngesot-ngesot gitu, tentu saja gue bahagia denger statement itu, tapi masalahnya bisa gak ya gue mempunyai softskill yang diatas rata-rata? jawabannya PASTI BISA! (kalo gue masih gak PD, terus ngapain coba ya ikut SDT kemaren? hehehe)

Pemateri kedua adalah mbak indri, untuk yang ini gue lupa materinya apa... yah namanya juga manusia gak ada yang sempurna, kesempurnaan hanya milik Allah.

Pemateri selanjutnya adalah mas Panca. Secara keseluruhan mas inilah yang paling berpengaruh terhadap pola pikir gue. Yah dialah orang yang memotivasi gue untuk kembali nulis diblog ini dan mengshare ini semua. Pelajaran yang bisa gue ambil dari mas-mas ini adalah:
1. Orang yang cablak juga bisa pinter
2. Semua hal yang terjadi dalam hidup kita itu mempunyai alasan-alasan yang baik
3. Ketika mengejar kenikmatan dunia, jangan lupa mengejar kenikmatan akhirat
4. Jadilah mahasiswa yang complete: Communicative, Proffesional, Leader, Thingker, and Education
Seharusnya masih banyak lagi, tapi seperti biasa gue lupa. Dari materi ini gue punya tekad untuk menjadi mahasiswa complete yang bisa akademik dan softskill.. Gue mau mengikuti jejak mas Panca untuk menginjakan kaki di negri Paman Sam. Gue yakin ada kemauan, ada usaha, pasti ada jalan. Mas Panca aja bisa, gue PASTI BISA!

Terus abis itu ada materi lagi, gue lupa nama pematerinya siapa... yah tapi isi materinya gak jauh-jauh deh dari mas Eko sama mas Panca

Yah pada dasarnya semua pemateri-pemateri itu memotivasi kita para mahasiswa baru untuk menjadi hamba Allah yang baik, anak yang membanggakan kedua orang tua, dan pribadi yang bisa membahagiakan orang lain dan diri sendiri. Gue yakin kita semua bisa ngewujudin itu semua, hidup cuma satu kali coy.. sayang banget kalo disia-siain gitu aja.


Gue rasa postingan gue kali ini cukup deh yah disini dulu, nanti gue lanjutin lagi dengan bagaimana kesan- kesan gue terhadap anak-anak manajemen Undip ketika SDT 2011. Apakah kita saling mengenal pada akhirnya? Saksikan di episode cinta Evi berikutnya... #nahloh #salah hahah maksudnya tunggu aja ya di postingan berikutnya. Oke berhubung sekarang udah jam setengah 12 malem, met bobo aja yah semuanya... selamat nyuci baju paginya bagi yang membutuhkan... akhir kata saya Evi Teja Kusumah menyatakan permohonan maaf karena judulnya sok-sokkan Inggris tapi isinya full Bahasa Indonesia yang berantakan.  Salam manis untuk orang sebelahmu, selamat malam :)


Evi Teja Kusumah
Tembalang, 14 November 2011 

No comments: